Tahun Baru Kurikulum Baru

Posted: Desember 30, 2012 by Admin in Uncategorized

1 Januari 2013 akan kita sambut dalam beberapa jam lagi, semua pihak siap menyambutnya. Tua, muda, wirausaha, pegawai, petani, hingga yang masih tunakarya. Semua merasa berkepentingan dengaqn tahun baru. Namun bagi guru di Indonesia tahun ini merupakan tahun penting untuk dipersiapkan. Sejumlah aturan baru harus siap dilakukan. Mulai Penilaian Kinerja Guru (PKG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), hingga kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 sudah diuji publik secara nasional sampai di daerah-daerah di Indonesia. Semua pihak dilibatkan. Mulai Sang Komando Wakil Presiden, Guru Bangsa (Sang Bidan), pengembang, perguruan tinggi, hingga guru-guru semua dilibatkan.
Sebenarnya tidak ada perbedaan secara substansial, yang ada adalah aplikasinya. KTSP yang baru dilaksanakan mulai tahun 2006 yang diharapkan berbasis kompetensi namun dalam aplikasinya “hampir tidak beda” dengan kurikulum sebelumnya. Jumlah mata pelajaran yang banyak, buku yang banyak, PR yang banyak, hafalan yang banyak … membuat beban siswa pada tataran kognitif begitu berat. Sementara pengembangan potensi pikir, kreativitas, dan kebebasan inquiry di alam/sosial secara terbuka “sangat terpasung”: mandeg”.
Kurikulum 2013 menitikberatkan pada keseimbangan aspek attitude, skill, dan knowledge (ASK). Perampingan komposisi konten kurikulum: misalnya di SD dan SMP bersifat tematik, masalah penjurusan di SMA yang lebih fleksibel (masih dalam pembahasan), kurikulum diatur pusat hingga sampai silabus, dan penunjang berupa Buku Pegangan Siswa dan Guru yang “disiapkan” pemerintah membuat beban guru semakin ringan. Beban ringan pada tahap perencanaan, namun beban ditambah dalam hal kreativitas pembelajaran. Guru harus mampu merubah paradigma di kelas dari mengajar ke memfasilitasi siswa belajar. Hal ini merubah gaya belajar siswa dari “diberitahu” menjadi “mencari tahu”.
Nah, bagaimana dengan kita? Mau tidak mau kita harus menyesuaikan. Mari tahun 2013, yang orang bilang “tahun kiamat” kita jadikan “tahun berkat” bagi anak-anak Indonesia dalam menyongsong masa depannya yang penuh tantangan. Pelajari buku “Belajar abad XXI” untuk memandu kita menyiapkan diri sebelum berdiri di kelas. Kita semua harus bersyukur, membidani generasi Indonesia Emas, dengan kado istimewa di seratus tahun Indonesia Merdeka: INDONESIA YANG MADANI (Nurhadi, Jayapura)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s